Pengertian Algoritma Dan Pemrograma
Sub Pokok Bahasan
Pendahuluan
Bahasa
Pemrograman
Arti
Penting Algoritma
Program
Terstruktur dan Algoritma
Notasi
Algoritma
Komputer adalah alat elektronik untuk mengolah data dengan
menggunakan program tertentu untuk menghasilkan informasi
Fungsi komputer adalah untuk pengolahan data (data processing), sehingga komputer juga
disebut sebagai pengolah data elektronik. Proses dari pengolahan
data dengan menggunakan komputer disebut sebagai Pengolahan Data Elektronik
(EDP atau Electronic Data Processing)
Di dalam komputer, terdapat bagian yang disebut sebagai Software
(Perangkat Lunak). Perangkat lunak ini merupakan program-program yang
diperlukan untuk menjalankan bagian dari komputer yang disebut sebagai Hardware
(Perangkat Keras)
Pendahuluan
Komputer
adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Dalam
menyelesaian masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah-langkah
penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi.
Sekumpulan
instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program.
Macam-macam perangkat lunak:
Operating
System (Sistem Operasi) program komputer
yang diperlukan untuk mengatur semua yang kegiatan sistem komputer dan
mengendalikan penggunaan semua perangkat
yang dipasang di komputer. Contoh: UNIX, ZENIX, MS DOS, Win NT, Win Xp, Win Vista, Linux, Win 7 dll.
Language Software (Bahasa Komputer) atau Programming
Language (Bahasa Pemrograman) bahasa yang digunakan untuk membuat
program komputer.
Application
Software (Program Aplikasi) program yang
diterapkan pada suatu aplikasi tertentu, misal: untuk mengolah kata, mengolah data, menggambar,
mengaransir musik dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman
Digunakan
sebagai sarana komunikasi untuk menjembatani hubungan antara manusia dan
komputer
Faktor-faktor
yang harus diperhatikan:
Sintaksis
(tata bahasa yang digunakan) apabila
terjadi kesalahan sintaksis,
maka akan langsung terlihat, karena komputer akan menampilkan pesan
salah.
Semantik (maksud yang dikandung dalam
setiap pernyataan) kesalahan semantik biasanya terjadi karena
kekurang pahaman terhadap setiap pernyataan
yang dituliskan pada program. Sehingga walaupun program dapat berjalan, akan
tetapi tidak seperti yang dikehendaki.
Kebenaran logika (benar atau tidaknya
urutan pernyataan) bentuk kesalahan kebenaran logika merupakan
kesalahan dalam mengimplementasikan masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika.
Pengelompokan bahasa pemrograman:
Tingkat
Rendah (Low Level)
Biasanya sulit dipahami karena berhubungan dengan mesin komputer itu sendiri atau biasa
disebut sebagai bahasa mesin.Contoh : Bahasa Assembler
Tingkat
Tinggi (High Level)
memakai kata-kata
dan pernyataan yang mudah dimengerti manusia, meskipun masih jauh
berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya. Contoh : Bahasa Pascal, C, C++
Keterangan-keterangan yang diperlukan dalam penyusunan
program komputer :
- Data apa yang akan diproses/tersedia untuk menentukan tipe data yang diperlukan oleh program komputer.
- Bagaimana data dimasukkan untuk menentukan jenis instruksi masukan yang akan digunakan.
- Dimana data diletakkan untuk menentukan variabel-variabel yang harus disediakan dalam program.
- Operator apa saja yang dapat digunakan untuk menentukan operator-operator yang diperlukan oleh program.
- Bagaimana urutan instruksi disusun untuk menentukan jenis proses yang diperlukan (urutan, kondisional/percabangan, pengulangan)
- Bagaimana menyampaikan informasi hasil pengolahan untuk menentukan jenis instruksi keluaran yang akan digunakan.
Algoritma
Apakah yang dimaksud dengan algoritma,
algoritma berarti solusi. Ketika orang berbicara mengenai algoritma di bidang
pemrograman, maka yang dimaksud adalah solusi dari suatu masalah yang harus
dipecahkan dengan menggunakan komputer. Algoritma harus dibuat secara runut
agar komputer mengerti dan mampu mengeksekusinya. Analisis kasus sangat
dibutuhkan dalam membuat sebuah algoritma, misalnya proses apa saja yang
sekiranya dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan .
Algoritma harus dipikirkan secara logika
di pikiran manusia dengan pemikiran yang lebih mudah dimengerti (menggunakan
gambaran-gambaran tertentu di
dalam pikiran) agar dapat lebih mudah dimengerti oleh manusia dan dapat dengan mudah dipetakan (diubah)
menjadi bahasa pemrograman untuk dieksekusi oleh komputer.
Misal secara logika kita dapat
membayangkan sebuah solusi harus diselesaikan pada sebuah tanah lapang . Lalu
kita harus melakukan mengupas kentang di tanah lapang itu, maka yang harus kita
lakukan secara runut adalah sebagai berikut:
Membuat kotak kosong di tanah
lapang untuk menyimpan kentang yang akan dikupas
Mengisi kotak kosong untuk kentang dengan
kentang yang akan dikupas
Membuat kotak kosong di tanah
lapang untuk menyimpan pisau yang akan digunakan untuk mengupas kentang
Mengisi kotak kosong untuk pisau dengan
pisau yang akan digunakan untuk mengupas kentang
Setelah pisau dan kentang telah ada di
tanah lapang, maka barulah kita bisa
melakukan proses mengupas kentang
Belajar membuat algoritma seperti halnya
belajar menyetir dimana harus belajar membuat algoritma dan memprogram sendiri
(mengetik sendiri) untuk menjadi bisa.
Belajar algoritma harus dengan sabar dan
menghargai tahap demi tahap pembelajaran (menghargai proses) untuk dapat
memahami algoritma
Belajar algoritma memerlukan banyak
latihan (jam terbang dalam membuat algoritma) agar menjadi andal (practice
make perfect).
Jika Anda mengabaikan ini, maka Anda
memilih jalan hidup untuk
tidak bisa mengerti algoritma (bisa jadi tidak lulus) karena hidup adalah pilihan yang hasilnya sesuai dengan jalan yang sudah kita
jalani. Keep Fight.
Sebagai manusia, kita pasti sudah mengerti
jika langkah-langkah mengupas kentang, masalahnya adalah, kita harus membuat
komputer mengerti langkah demi langkah yang kita inginkan sehingga menghasilkan
hasil yang kita inginkan.
Agar dapat dijalankan pada komputer, maka langkah-langkah
solusi yang diinginkan harus
menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer yang dikemas dalam bentuk
program komputer.
Bahasa algoritmik (sering juga disebut pseudo-code)
adalah sebuah bahasa penengah antara manusia dan komputer, sebenarnya komputer
tidak langsung dapat mengeksekusi bahasa algoritmik.
Berikut adalah
tahapan membuat sebuah program komputer yang dapat dieksekusi oleh komputer :
- Membuat langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa manusia seperti contoh pembuatan mengupas kentang di atas secara runut mulai dari inisialisasi, proses penyelesaian dan finalisasi.
- Membuat langkah-langkah dari bahasa manusia menjadi bahasa algoritmik.
- Mengubah bahasa algoritmik menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer
- Melakukan kompilasi untuk mengetahui apakah kode program mengandung kesalahan penulisan
- Mengeksekusi program pada komputer
Tidak ada standar
baku tentang bahasa algoritmik
Contoh :
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan
dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna
biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi
larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
DESKRIPSI :
– Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
– Tuangkan larutan dari bejana
B ke dalam bejana A.
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi
larutan
berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi
kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan
bejana B berisi larutan berwarna merah.
DESKRIPSI :
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana
C.
2. Tuangkan larutan dari
bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari
bejana C ke dalam bejana B.
Algoritma
TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di
atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua
larutan tersebut.
Pengertian Algoritma Dan Pemrograma
Reviewed by Unknown
on
12/19/2012
Rating:
No comments:
**** HARAP KOMENTAR DENGAN BAHASA INDONESIA YANG BAKU TANPA SINGKATAN.
*** Jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
*** Jangan komentar yang berisi link aktif, jika ingin komentar anda di respon
*** Jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah
*** Menggunakan Name/URL agar mudah untuk blogwalking